Layanan Penanganan Gangguan Prostat

Screen-Shot-2013-07-19-at-4.48.27-PM

Kelenjar prostat merupakan sebuah kelenjar kecil yang berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan untuk menjaga spermatozoa tetap sehat. Pembesaran prostat merupakan bagian alamiah dari seorang pria seperti halnya rambut yang beruban, kulit yang keriput. Biasanya gangguan yang disebabkan oleh prostat mulai dialami oleh pria berusia diatas 50 tahun.

Gejala yang sering dikeluhkan pasien dengan gangguan prostat diantaranya adalah sering bangun malam hari untuk buang air kecil, pancaran kencing yang lemah dan lain-lain. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pembesaran prostat, perlu dilakukan pemeriksaanuroflowmetri dan USG khusus transrektal.

Sedangkan untuk mendeteksi dini adanya kanker prostat, perlu dilakukan pemeriksaan PSA, dimana bila nilai PSA > 4 ng/dl perlu dilakukan biopsi prostat. Penatalaksanaan gangguan prostat jinak dapat berupa “Watchful Waiting”, obat-obatan, operasi minimal invasive (TURP-Tran Urethra Resection of Prostate), dan operasi terbuka.

Untuk penatalaksanaan kanker prostat dapat pula dilakukan dengan obat-obatan dan operasi radikal pengangkatan prostat. Operasi radikal pengangkatan prostat dapat dengan minimal invasive (laparaskopi) atau dengan operasi terbuka. Semua tindakan diagnostik dan terapi tersebut dapat dilakukan di AUC.

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome