Press Release

Pasien Disfungsi Ereksi (DE)  kini mempunyai harapan sembuh tanpa obat

Low-Intensity Extracorporeal Shockwave Therapy (LI-ESWT), terapi revolusioner untuk DE kini hadir   di Indonesia

 

Jakarta, 5 September 2013.  Sampai saat ini Disfungsi Ereksi (DE) masih merupakan masalah yang menakutkan bagi kaum pria terutama karena dapat menyebabkan ketidakharmonisan hubungan dengan pasangan dan dalam jangka panjang akan menurunkan kualitas hidup penderita DE. Disamping faktor psikogenik, sebanyak 2/3 dari kasus DE disebabkan oleh  kelainan fisik seperti: diabetes mellitus, hiperlipidemia (kolesterol yang tinggi), gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi liver, hipertensi, stroke, kelainan pada jantung (gagal jantung, penyakit jantung koroner), proses penuaan, gangguan hormonal (resistensi insulin, penurunan kadar testosteron), trauma daerah panggul (saluran sistem reproduksi pria) seperti paska operasi prostat, mengkonsumsi alkohol, merokok, konsumsi obat–obat penenang terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

DE merupakan salah satu gangguan fungsi seksual yang umum ditemukan pada pria berusia di atas 40 tahun. Hampir 39% pria dengan DE yang berusia 40 – 70 tahun memiliki tingkat keparahan (gradasi) sedang dan berat, sedangkan sebanyak 52% keparahannya ringan sampai berat. Dari sebuah studi yang dilakukan di Boston (AS) didapatkan kasus baru DE sebanyak 24 orang per 1.000 pria. Diperkirakan pada akhir tahun 2025, sebanyak 322 juta laki-laki di dunia akan menderita disfungsi ereksi.

“Mengingat penyebab DE diantaranya adalah diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung maka disarankan bagi pria penderita penyakit tersebut sebaiknya kontrol ke urolog untuk memeriksa ada atau tidaknya penyakit ini. Bila DE di deteksi lebih dini, maka terapinya relatif lebih mudah,”  demikian dikemukakan dr. Ponco Birowo, SpU, PhD dalam press conference yang diselenggarakan RS Asri hari ini.

“Berbagai kemajuan dalam bidang pengobatan seperti terapi obat minum dan non obat minum seperti alat pompa vakum, obat suntik dan operasi, telah banyak menolong pria dengan DE. Beberapa hal baru dalam terapi disfungsi ereksi, diantaranya adalah ditemukannya obat minum yang baru dan terapi gen. Namun kedua hal tersebut masih terbatas pada uji coba, belum dapat dijadikan suatu bentuk terapi yang teruji. Terapi terbaru dalam bidang disfungsi ereksi yang sudah dilakukan uji cobanya adalah LI-ESWT,” jelasnya.

Low-Intensity Extracorporeal Shockwave Therapy (LI-ESWT) merupakan lompatan besar (giant leap) yang bersifat revolusioner karena dapat memberikan kesembuhan atau mengembalikan kemampuan ereksi pada pria dengan DE tanpa obat. Berbeda dengan terapi lainnya LI-ESWT atau terapi kejut (penembakan) dengan gelombang intensitas rendah merupakan inovasi yang unik karena dapat mengembalikan kemampuan ereksi spontan tanpa operasi atau non invasif (tanpa operasi), tidak menimbulkan nyeri serta pasien mempunyai harapan tidak perlu lagi mengkonsumsi obat apabila akan melakukan hubungan seksual.

“Penggunaan ESWL (gelombang kejut) sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1980- an untuk penatalaksanaan  batu ginjal, lalu digunakan untuk ortopedi pada tahun 1990-an dan kardiologi pada tahun 2000. Teknik LI (low intensity) ESWT pada dasarnya dilakukan dengan penembakan gelombang kejut intensitas rendah yang akan menimbulkan shear stress sehingga berdampak positif dengan terbentuknya pembuluh-pembuluh darah baru” dikatakan Dr.dr.Nur Rasyid, SpU, urolog senior dari RS Asri dan FKUI RSCM pada kesempatan yang sama.

“Pada tahun 2010, suatu studi ESWT dilakukan pada bidang urologi dengan sampel penelitian adalah pria yang merespon dengan baik obat-obatan oral (PDE 5i). Setelah obat distop selama sebulan, lalu mulai dilakukan penembakan ESWT pada penis (di puncak, tengah dan pangkal) sebanyak 12 kali,  selama 9 minggu terdiri dari  :  2x seminggu pada 3 minggu pertama, istirahat 3 minggu lalu kembali dilakukan penembakan selama 3 minggu. Hasilnya dilakukan penghitungan skor kekerasan ereksi dan hasilnya cukup tinggi pada rata-rata setelah 8 tembakan. Sekitar 70  persen dari sampel merespon dengan baik terapi ini dan 50% dapat kembali ereksi spontan tanpa obat,” jelasnya.

Ia mengatakan lebih lanjut,“Pada penelitian selanjutnya yang bersifat random (sebagian dengan penembakan sesungguhnya dan sebagian dengan penembakan palsu tanpa diketahui oleh subjek maupun peneliti), didapati bahwa dari pria dengan DE yang merespon dengan baik terhadap obat oral, sebanyak 70 % merespon dengan baik dan dapat melakukan ereksi spontan tanpa pengobatan. Penelitian lanjutan juga dilakukan pada sampel yang tidak merespon dengan baik terhadap obat oral (DE derajad berat)  Setelah dilakukan penembakan, sebanyak 30 persen pria dapat terjadi ereksi tanpa meminum obat, dan 40% berhasil ereksi kembali dengan meminum obat oral PDE5i.

Penelitian follow up yang dilakukan 6 bulan kemudian, ESWT tetap memberikan hasil yang baik, yaitu dari 191 orang yang diterapi, 47 persen merespon dengan baik.  Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa LI-ESWT ini benar-benar memberikan harapan baru pada pasien DE, yaitu kesembuhan tanpa obat.”

Prof. dr. Hadiarto Mangunnegoro, SpP(K), FCCP, Direktur RS ASRI Jakarta dalam sambutannya mengatakan, ”RS ASRI khususnya ASRI Urology Center saat ini telah memiliki peralatan LI-ESWT untuk membantu kesembuhan pasien DE. Diharapkan alat ini akan menjadi salah satu unggulan dalam pengobatan terapi DE. Peralatan LI-ESWT telah dioperasionalkan sejak Agustus 2013 dan dijalankan oleh tenaga yang terlatih dan profesional. Komitmen RS Asri diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan reproduksi pasutri (pasangan suami istri) yang efektif, aman dan efisien berdasarkan konsep Evidence Based Health Care dengan tolok ukur jasa pelayanan kesehatan reproduksi yang unggul, pertumbuhan usaha sehat yang berkesinambungan, keunggulan sistem dan teknologi, serta sumber daya manusia yang kompeten, dan berorientasi pada kepuasan pasien.”

 

Selesai

Informasi lebih lanjut mohon menghubungi:

Dr. Sigit Sholichin, SpU

Home Urologist

ASRI Urologi Center, Jl. Duren Tiga no 20 Jakarta Selatan 12760

No telp: 021-7992211/7995566

Email:  sigitsho@asrihospital.com

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome